3 Cara Memperpendek Link Google Form

3 Cara Memperpendek Link Google Form dengan Mudah - Muhamadridwan.com

Sebagai aplikasi pembuat formulir terbesar di dunia, maka tidak heran jika susunan link dari Google Form panjang. Meskipun sudah diperpendek dengan domain Google Form sendiri, tampak tatap panjang. Bagaimana cara memperpendek link Google form?

Sebenarnya, banyak sekali website pemendek link (shortlink) di internet. Semuanya bisa Anda akses gratis dan bahkan ada yang digunakan sebagai safelink untuk penghasilan. Namun, kali ini kami akan rekomendasi yang paling populer.

Cara Mudah Memperpendek Link Google Form

Ada tiga website short link yang bisa Anda gunakan untuk memperpendek url Google Form. Diantaranya adalah Bit.ly, TinyUrl, dan S.ID. Jika Anda cinta produk dalam negeri, kami sarankan pakai S.ID.

1.   Memperpendek Link Google Form dengan Bit.ly

Sebagai website pemendek link, Bit.ly merupakan salah satu yang paling recommended. Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Domainnya singkat
  • Mudah diucapkan dan sudah populer
  • Memiliki kecepatan referring yang super

Karena Bit.ly sudah sangat populer, tidak heran jika banyak customize link yang tidak bisa karena sudah digunakan oleh orang lain. Nah, cara memperpendek link Google form dengan Bit.ly adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke website bit.ly
  2. Buatlah akun untuk mendapatkan akses penuh
  3. Setelah itu, klik tombol “Create”
  4. Masukkan link Google Form di “Paste Long Url”
  5. Setelah itu, sesuai keinginan
  6. Jika sudah “Create”

Setelah itu Anda bisa copy link tersebut dan mulai menyebarkannya. Dengan menggunakan bit.ly, kami jamin link panjang Anda akan jadi pendek dan sesuai dengan keinginan. Namun Anda perlu membuat akun di Bit.ly terlebih dahulu.

2.   Memperpendek Link di TinyUrl

Salah satu kelebihan TinyUrl selain dari segi kecepatan referring adalah bisa mempersingkat link Google Form tanpa buat akun. Anda bisa langsung mempraktekkan cara berikut ini:

  1. Masuk website Tinyurl.com
  2. Masukkan link Google Form Anda pada bagian “Yout Long URL”
  3. Setelah itu, lakukan editing pada “TinyUrl”
  4. Copy dan sebarkan link tersebut

Anda tidak perlu membuat akun sama sekali di dalam website TinyUrl. Namun dalam hal nama, TinyUrl masih kalah dengan Bit.ly. Karena Bit.ly jauh lebih populer dan lebih pendek domainnya.

3.   Memperpendek Link di S.ID

Telah hadir sebuah shortlink asal indonesia yang namanya sangat pendek. Bahkan mengalahkan Bit.ly dan TinyUrl. Ia adalah S.ID. Anda bisa mengaksesnya di website s.id. Shortlink asal Indonesia ini cukup populer, karena sangat pendek.

Selain itu, domain ID merupakan domain khas Indonesia, sehingga sangat cocok digunakan untuk orang Indonesia. Adapun cara memperpendek link Google Form di S.ID adalah sebagi berikut:

  1. Masuk ke websit s.id
  2. Setelah itu, tempel link Google Form Anda
  3. Klik Singkatkan

Setelah itu langsung otomatis membuat sebuah link pendek baru. Namun nama itu tidak bisa customize. Agar Anda bisa mengeditnya, Anda perlu daftar akun di S.ID. Setelah mendaftar, Anda bisa melakukan customize link di S.ID.

Intinya, Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan oleh platform shortlink yang Anda pilih. Dijamin pasti bisa dan link Google Form Anda akan menjadi singkat sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: Cara Edit Tanggapan Google Form dengan Mudah

Penutup

Apapun platform yang Anda pilih, tentu saja memiliki keunggulan masing-masing. Tentunya, Anda harus menyesuaikan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin yang memiliki fitur analisis, bisa pilih bit.ly.

Semoga tips dan trik cara memperpendek link Google Form di atas bermanfaat untuk Anda. Link yang pendek akan mudah diingat, sehingga Anda perlu mencoba tutorial yang kami berikan di atas.  

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *