Cara Membuat Password Di Google Form Dilengkapi Gambar

cara membuat password di google form- muhamadridwan.com

Anda telah selesai membuat pertanyaan atau survey menggunakan Google Form. Anda sudah menyusunnya dengan rapi dan siap membagikan link tautannya kepada audiens Anda.

Tapi ada masalah, formulir Anda bersifat rahasia!

Anda ingin agar formulir tersebut hanya bisa dibuka oleh orang-orang tertentu saja. Anda ingin melindungi Google Form Anda dengan password. Bagaimana cara membuat password di Google Form?

Nah, di artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara melindungi Google Form yang sudah Anda buat dengan password supaya lebih aman.

Password di Google Form, Mungkinkah?

Saat artikel ini ditulis, Google Form belum menyediakan fasilitas untuk memberi password. Jadi secara default, ketika Anda membuat Google Form, maka formulir tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang mempunyai tautan Google Form Anda.

Sebenarnya, jika Anda adalah user dari Google Apps, Anda bisa membuat formulir dibelakang login screen yang hanya member dari organisasi tersebut bisa mengaksesnya. Hanya saja, cara ini tidak bisa Anda terapkan kepada user yang mempunyai akun Google Reguler.

Lantas bagaimana solusinya?

Kita akan gunakan Data validation dan Regex.

Cara membuat password di Google Form dengan data validation

Data validation merupakan fitur dari Google Form untuk melindungi inputan user supaya sama dengan yang diharapkan. Misalnya anda ingin user hanya menginput angka diatas 100, maka user akan mendapatkan peringatan bahwa data yang diinputkan tidak benar jika user tersebut menginputkan angka dibawah 100.

Sedangkan Regex atau regular expression adalah deretan huruf atau angka yang mempunyai pola tertentu. Fungsinya adalah untuk mengenali sebuah kata atau kalimat apakah sesuai dengan polanya atau tidak.

Jadi, trik untuk membuat sandi di Google Form adalah kita gunakan 2 kombinasi ini di halaman paling depan. Jika user berhasil masuk dengan password yang diinputkan, maka user akan masuk ke formulir berikutnya.

Baca juga : Cara Membuat Absen Online di Google Form

Saatnya Implementasi

Katakanlah Anda adalah seorang guru matematika, dan ingin membuat latihan soal untuk siswa dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Soal terdiri dari 2 jenis yaitu pilihan ganda dan essay dengan masing-masing 2 soal.
  2. Siswa harus memasukkan nama dan nis terlebih dahulu sebelum mengisi soal.
  3. Soal akan dilengkapi dengan password sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Untuk membuat formulir sesuai dengan kriteria tersebut, kita akan membagi Google Form kita menjadi 4 bagian, yaitu:

  1. Bagian kode akses (password).
  2. Bagian data diri siswa.
  3. Bagian soal pilihan ganda.
  4. Bagian soal essay.

Keempat bagian itu mempunyai halaman yang berbeda dan harus diisi berurutan. Berikut adalah cara membuat password di Google Form yang sesuai dengan studi kasus diatas:

  • Buka halaman Google Form kemudian klik “Memulai formulir baru”.
  • Beri nama formulir Anda, misalnya “Latihan Matematika”.
  • Ganti tipe pertanyaan yang ada ke “Jawaban Singkat”
  • Ganti “Pertanyaan Tanpa Judul” menjadi “Masukkan kode akses” kemudian centang pilihan “Wajib Diisi”
  • Klik titik 3 di sebelah kanan “Wajib diisi” kemudian pilih “Validasi Jawaban”
  • Pilih “Ekspresi reguler” kemudian masukkan password / kode akses di field “Pola”, contoh password yang saya masukkan disini adalah “pass123”
  • Di “Teks kesalahan khusus” masukkan pesan yang ingin ditampilkan jika kode akses salah, misalnya “Kode akses salah!”
  • Proses pembuatan halaman password sudah selesai saatnya mencoba halaman password yang telah Anda buat dengan cara meng-klik ikon mata atau pratinjau, kemudian coba masukkan password. Jika password yang Anda masukkan salah, maka akan tampil seperti dibawah ini.
  • Untuk membuat halaman “Data diri” silahkan klik icon “Tambahkan bagian” kemudian isi pertanyaan seperti contoh dibawah ini.
  • Untuk menyelesaikan tutorial cara membuat password di Google Form ini, buat bagian “Soal Pilihan ganda” dan “Soal Essay”. Caranya sama seperti ketika membuat bagian “Data Diri”.

Selamat! Google Form anda sudah jadi! formulir ini sudah dilengkapi password sehingga menjadi lebih aman karena hanya orang-orang yang tahu passwordnya yang bisa mengisi.

Berikut ini adalah screenshoot dari formulir yang kita buat tadi.

Penutup

Google Form memanglah belum menyediakan fitur untuk melindungi formulir Anda dengan password, akan tetap dengan sedikit trik dan kreatifitas, Anda bisa mendapatkan fitur yang fungsinya sama.

Selamat mempraktekkan tutorial cara membuat password di Google Form. Semoga bermanfaat! Jika ada yang masih perlu ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.

You may also like

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *