Cara Menampilkan Video di Google Meet dengan Fitur Green Room

Cara Menampilkan Video di Google Meet dengan Fitur Green Room - Muhamad Ridwan

Bagi Anda yang masih baru menggunakan Google Meet dan ingin tahu cara menampilkan video di Google Meet, Anda harus tahu bahwa Google Meet punya fitur yang bernama Green Room. Fitur ini selain berguna untuk menampilkan video juga dapat memastikan kualitas audio dan video pengguna sebelum memulai meeting atau conference.

Dengan begitu audio dan video yang ditampilkan pada akhirnya akan memiliki kualitas yang baik. Fitur Green Screen dari Google Meet juga dibekali beberapa menu di dalamnya dan di sini kami akan mengulasnya untuk Anda!

Fitur Green Room di Google Meet

Green Room features atau fitur Green Room pada Google Meet merupakan suatu halaman khusus yang di dalamnya menampilkan audio atau video pengguna disertai dengan beberapa menu pengaturan yang terdapat di dalamnya.

Melalui fitur ini, pengguna bisa memastikan apakah kualitas suara, gambar sampai dengan koneksi internetnya sudah berfungsi dengan baik atau pun tidak. Sehingga output video yang akan tampil nantinya entah itu video presentasi yang ditampilkan melalui screen layar Google Meet atau video keterangan dari pengisi acara conference bisa dipastikan kualitasnya prima.

Nah, untuk menggunakan fitur ini pengguna cukup klik icon ‘Check your audio and video’. Icon ini letaknya berada di bagian tengah bawah dari halaman utama. Setelah diklik juga akan muncul halaman, berdampingan dengan penampakan sejumlah opsi yang dapat digunakan mengatur kualitas gambar atau pun kualitas video audio yang diinginkan.

Green Room menjadi sebuah fitur yang juga dapat digunakan untuk merekam sample video singkat dengan durasi selama enam detik. Dengan adanya kemampuan tersebut, menjadi sangat penting untuk memastikan penampilan serta suara pengguna sebelum bergabung ke dalam sesi rapat yang sudah disediakan.

Baca Juga: Batas Peserta Google Meet Berapa Orang?

Fitur Green Room juga dapat menjadikan pengguna dapat mengonfirmasi semua perangkat yang sudah terkoneksikan oleh Google Meet mulai dari jaringan sampai dengan fitur noise cancellationnya. Sehingga bisa dikatakan kalau Green Room merupakan versi advance dibandingkan versi sekarang yang hanya menampilkan preview webcam saja.

Ketika masalah video yang akan ditampilkan terdeteksi, maka akan muncul sebuah peringatan lengkap dengan tips tentang seperti apa cara mengatasi masalah yang ada. Semisal, jika microphone sedang dimute, atau ada suara yang membuat bising atau mengganggu diluar suara utama maka peringatan akan muncul.

Cara Menampilkan Video di Google Meet Dengan Green Room

Untuk menggunakan Green room pada Google Meet sebagai berikut :

  • Pertama – tama kunjungi halaman Google Meet terlebih dahulu. Anda harus tahu bahwa fitur Green Room sebagai cara menampilkan video di Google Meet dan mengecek kualitasnya tak akan bisa digunakan jika pengguna menghosting instant Meet.
  • Selanjutnya, sebelum Anda menampilkan video pastikan Anda mengecek dulu audio dan video yang akan ditampilkan pada ruang pertemuan virtual nantinya. Klik ‘Check your audio and video’
  • Setelah itu sebuah halaman khusus akan muncul dan memandu pengguna memastikan kualitas audio dan video bagus atau tidak.
  • Jika memang ada yang perlu diperbaiki maka perbaikilah terlebih dahulu. Ganti mic, output audio, atau pengaturan kamera sesuai yang diinginkan kemudian baru klik ‘Next’
  • Berikutnya Anda dapat merekam short clip atau video pendek pada fitur Green Room untuk memastikan semua berjalan dengan baik dan klik start untuk mulai meeting.

Cukup mudah bukan untuk memanfaatkan fitur Green Room dalam mengecek dan sebagai cara menampilkan video di Google Meet? Jadi, pastikan semua kelengkapan meeting maksimal dulu sebelum mulai join, selamat mencoba!

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *