Cara Merekam Google Meet di Laptop

Cara Merekam Google Meet di Laptop - Muhamad Ridwan

Bagi Anda peserta rapat melalui Google Meet yang merasa butuh mengulang materi video yang dibicarakan atau diperdengarkan dalam rapat, sekarang Anda bisa merekam video tersebut dengan mudah. Melalui cara merekam Google Meet di laptop ini Anda bisa mengulang kembali materi video ketika dibutuhkan.

Cara merekamnya sangat mudah kok dan pada kesempatan kali ini kami akan bagikan ulasannya untuk Anda. Jadi, simak baik – baik informasi di bawah ini dan bagi Anda yang sering menggunakan Google Meet bisa segera mempraktekkannya!

Cara Merekam Google Meet di Laptop

Cara merekam Google Meet di laptop sebenarnya sangatlah mudah. Pastikan Anda sudah menyiapkan PC atau laptopnya untuk membuka Google Meetnya. Jika memang diperlukan, Anda bisa charge dulu laptop Anda sampai baterainya penuh sehingga tidak akan kehabisan baterai demi menjaga ketahanan daya baterai laptop Anda juga.

Bagi Anda yang harus merekam untuk berbagai keperluan, berikut tata caranya :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah buka Google Meet melalui PC atau melalui laptop
  • Setelah itu join rapat atau panggilan yang sedang berlangsung melalui meet.google.com
  • Ketika rapat sudah dimulai, pilih icon titik tiga vertikal yang terdapat pada bagian sudut kanan bawah layar
  • Selanjutnya Anda pilih record meeting pada daftar menu untuk memulai merekam rapat
  • Akan segera muncul kotak pop up yang menyarankan kepada Anda untuk meminta persetujuan dari semua peserta sebelum rekaman dimulai. Kemudian pilih accept untuk memulai merekam
  • Ketika Anda ingin mengakhiri rekaman, pilih kembali icon titik tiga vertikal yang terdapat di bagian sudut kanan bawah layar dan pilih stop recording pada daftar menu
  • Lakukan konfirmasi untuk menghentikan perekaman dengan Anda pilih stop recording pada jendela pop up
  • Tunggu sampai rekaman selesai diproses dan secara otomatis rekaman akan segera tersimpan pada Google Drive

Setelah proses perekaman selesai yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah dimana file rekaman tersebut disimpan?

File rekaman video Google Meet tersimpan di Google Drive pembuat rapat atau host. Di sana akan menemukan folder rapat bernama Meet Recordings. Folder tersebut isinya dua file video dengan format .mp4 dan juga teks yang di dalamnya berisi rekaman percakapan pada bagian kolom chat.

Baca Juga: Cara Share Screen Google Meet di Laptop, Android dan iOS

Jadi jika Anda tidak menjadi host rapat, setelah rekaman video selesai Anda bisa meminta kepada host rapat untuk berbagi folder meet recordingnya. Nantinya folder akan masuk pada menu shared with me yang terdapat pada Google Drive dan di sana Anda bisa mengunduhnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Syarat Bisa Record di Google Meet

Dari halaman support Google juga dijelaskan bahwa untuk bisa menerapkan cara merekam Google Meet di laptop seperti prosedur yang sudah diulas di atas, ada beberapa syarat yang harus dimiliki yaitu :

  • Sudah memiliki akun G-Suite sebelum melakukan perekaman Google Meet di laptop atau PC
  • Anda merupakan pihak penyelenggara dalam rapat, meeting atau conference yang sedang diadakan
  • Anda berada pada suatu organisasi yang sama dengan organisasi yang dilakukan oleh penyelenggara rapat misalkan Anda satu kampus atau satu kantor dengan penyelenggara rapat sehingga bisa berkoordinasi atau join

Banyak peserta Google Meet yang menggunakan fitur merekam rapat atau konferensi yang diikuti karena memang mereka merasa fitur ini sangat menguntungkan. Manfaat yang bisa didapatkan peserta rapat dengan merekam rapat atau konferensi yang diikuti di antaranya :

  • Rekaman video rapat atau konferensi bisa ditonton ulang. Jika memang ada keperluan pembelajaran hasilnya bisa ditonton atau dipelajari lagi di kemudian hari sehingga sangat bermanfaat bagi peserta.
  • Bisa dijadikan dokumentasi, bukti atau kenang – kenangan
  • Bisa juga dijadikan bahan pertanggungjawaban keikutsertaan utamanya bagi mahasiswa yang sedang belajar online dari rumah.

Sebagai informasi, Selain memiliki versi gratis, Google Meet juga memiliki versi berbayar yang bisa dinikmati pengguna. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda khususnya yang baru bergabung atau menggunakan layanan Google Meet.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *