Cara Share Screen Google Meet di Laptop, Android dan iOS

Cara Share Screen Google Meet - Muhamad Ridwan

Sebelum kita membahas tentang cara share screen Google Meet seperti apa, kita akan terlebih dahulu membahas tentang apa sih fungsi share screen Google Meet?

Jadi, share screen melalui Google Meet merupakan suatu aktivitas membagikan layar Google Meet yang memungkinkan peserta presentasi, konferensi atau meeting agar bisa membagikan seluruh layar, jendela atau apapun yang ditampilkan.

Bagi Anda peserta konferensi atau meeting di Google Meet yang memiliki kebutuhan untuk share screen bisa ikuti tutorial berikut ini!

Share Screen Via Laptop Atau Komputer

Bagi Anda yang menggunakan komputer untuk bergabung dalam rapat atau conference Google Meet bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox atau pun Safari dan berbagai browser lain untuk bergabung dalam konferensi dan melakukan share screen di sana.

Akan tetapi memang kebanyakan peserta meeting mengakses Google Meet menggunakan browser Chrome karena browser ini diketahui memiliki fitur yang lebih kompleks dibandingkan yang terdapat pada browser lain seperti Mozilla Firefox atau Safari.

Tata cara share screen Google Meet via PC atau laptop menggunakan browser Google Chrome sebagai berikut :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan tentu saja buka browser Google Chrome yang telah terinstalasi di laptop, PC atau komputer Anda.
  • Setelah browser terbuka, buka halaman meet.google.com melalui browser yang Anda gunakan
  • Setelah itu mulailah rapat jika memang Anda bertindak sebagai host atau sebagai penyelenggara. Anda juga bisa memasukkan kode rapat jika memang ingin ikut serta dalam rapat yang telah ditentukan.
  • Anda dapat memilih kotak dialog gabung sekarang jika memang ingin menyapa orang yang sudah bergabung atau memilih presentasikan jika memang langsung berkehendak dalam mempresentasikan sesuatunya melalui platform tersebut.
  • Menggunakan fitur Share Screen atau fitur berbagi layar, Anda dapat memilih Chrome Tab, Entire Screen dan juga Application Window

Berikut masing – masing fitur Share Screen yang perlu Anda pahami :

Chrome Tab

Chrome Tab fungsinya adalah digunakan untuk berbagi layar tab yang Anda sedang buka. Misalkan ketika Anda sedang membuka Google pada bagian tab browser. Maka nantinya yang akan tampil pada bagian layar peserta yang lain adalah tab yang menampilkan Google

Entire Screen

Fungsi dari Entire Screen adalah untuk membagikan secara keseluruhan layar yang ada di depan Anda sehingga peserta lain dapat melihat juga apa saja yang ada di layar tanpa terkecuali. Jadi seperti ditampilkan dalam mode presentasi.

Application Window

Application Window memiliki fungsi untuk berbagi layar aplikasi tertentu yang akan Anda pilih. Misalkan jika yang akan Anda presentasikan adalah pada platform Microsoft Power Point, maka Anda pilih aplikasi tersebut.

Baca Juga : Batas Peserta Google Meet Berapa Orang?

Setelah Microsoft Power Point terbuka, peserta meeting akan melihat apa yang ditampilkan platform Microsoft Power Point yang Anda pilih. Atau dengan kata lain fungsi dari Application Window adalah untuk membagikan kepada peserta tentang aplikasi tertentu yang sudah dipilih.

  • Jika Anda sudah memilih satu dari tiga fitur pilihan yang tampil (sesuai fungsi yang sudah kami sampaikan sebelumnya) kemudian klik tombol Share. Centang tombol share audio jika memang ingin membagikan suara yang terdapat pada tab, window atau pada aplikasi yang sedang dibuka.
  • Kalau sudah, nantinya akan muncul peserta dengan nama yang sama dengan akun yang Anda punya di tampilan Google Meet.
  • Kemudian ketika sudah selesai, klik tombol stop sharing atau berhenti untuk mempresentasikan pada bagian layar utamanya.

Langkah di atas juga bisa diterapkan meski Anda sebagai peserta meeting. Jadi jika Anda sebagai peserta, pada tampilan layar akan Anda temukan menu ‘Presentasikan sekarang’ yang terdapat di bagian kanan bawah, tekan.

Share Screen Google Meet Via Android

Sementara bagi pengguna Google Meet via android, tata cara share screen Google Meet di perangkat android sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda buka aplikasi Google Meet yang terdapat di HP dan klik mulai rapat baru
  • Pada rapat, ketuk ikon menu titik tiga yang terdapat di bagian sebelah kanan bawah layar
  • Dari menu tersebut, pilih opsi ‘Share Screen’
  • Klik ‘Start sharing’
  • Setelah Anda ketuk, akan diperlihatkan kepada Anda privacy disclaimer, ketuk pilihan ‘Start Now’ dan bisa Anda bagikan pada layar ponsel Anda

Share Screen Google Meet Via iOS

Sebagian juga ada yang mengikuti conference, meeting, atau berbagai kebutuhan konferensi Google Meet via iOS. Nah, bagi pengguna Google Meet iOS yang ingin tahu cara share screen Google Meet, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda buka aplikasi Google Meet yang terdapat pada perangkat iOS atau pada perangkat iPadOS kemudian join atau klik start a meeting seperti biasa
  • Ketuk icon titik tiga yang terdapat di bagian bawah layar Anda
  • Pilih ‘Share Screen’
  • Nantinya akan disajikan kepada Anda kotak dialog broadcast. Pilih Meet sebagai layanan yang Anda inginkan dan kemudian ketuk ‘Start Broadcast’
  • Tunggu sebentar kurang lebih dalam kurun waktu sekitar 3 detik dan nantinya Google Meet akan segera menampilkan layar Anda pada rapat atau meeting yang diselenggarakan
  • Ketuk pada bagian mana saja untuk menutup kotak dialog
  • Nantinya layar iOS akan bisa dilihat semua peserta yang ikut dalam rapat

Cukup mudah bukan tata cara share screen Google Meet di android, laptop atau PC dan juga pengguna iOS? Jadi selamat mencoba dan semoga informasi yang kami bagikan di atas dapat menambah informasi, wawasan dan pengetahuan kita semua.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *