Tutorial Menggunakan WA Bisnis Dari A sampai Z

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan WA Bisnis Dari A sampai Z - Muhamadridwan.com

Sesuai namanya, WhatsApp bisnis adalah aplikasi WhatsApp yang diperuntukkan untuk bisnis. Aplikasi ini dibuat oleh WhatsApp untuk mempermudah pelaku bisnis dalam bertransaksi melalui pesan chat. Banyak sekali fitur yang bisa anda gunakan di aplikasi ini untuk memperlancar bisnis anda, seperti fitur balas chat otomatis, katalog produk, labeling chat dan lain-lain.

Melalui artikel ini, saya akan mencoba berbagi kepada Anda tentang cara penggunaan WhatsApp bisnis yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda dan bisnis anda. Selain itu, saya juga akan sertakan studi kasus supaya bisa anda ikuti step-by-stepnya secara lebih mudah.

Mari kita mulai!

Apa bedanya WA biasa dengan WA Bisnis

Pada dasarnya WhatsApp Bisnis hampir sama dengan aplikasi WA biasa. Sama-sama aplikasi untuk mengirim dan menerima pesan / chat. Hanya saja, WhatsApp bisnis ini ditambahkan beberapa fitur yang sangat bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Nah, fitur-fitur apa saja kah yang ada di WA bisnis dan tidak ada di WA biasa?

1. WhatsApp Bisnis bisa mengatur profil bisnis

Jika kita membuka kontak WA biasa, maka kita hanya akan menemukan foto dan nama kontak. Itupun jika kita telah menyimpan nomornya.

Lain halnya dengan WA Bisnis, dengan WA bisnis kita bisa mengatur profil bisnis kita. Jadi, ketika orang lain membuka profil WA kita, maka dia akan mendapatkan informasi yang jelas tentang bisnis kita.

Adapun informasi yang bisa diisi antara lain:

  • Nama, adalah nama bisnis anda.
  • Deskripsi, deskripsi singkat tentang bisnis Anda. Anda juga bisa memasukkan slogan disini.
  • Kategori, bisnis anda termasuk dalam kategori apa. Misal jika anda berjualan pakaian, anda bisa memilih kategori ‘Pakaian’.
  • Alamat bisnis, adalah alamat tempat bisnis anda beroperasi. Anda bisa mengosongkannya jika bisnis anda termasuk bisnis online.
  • Waktu layanan / Jam buka, Dalam satu minggu, hari dan jam berapa aja Anda melayani pelanggan.
  • Alamat email, Alamat email bisnis Anda.
  • Situs website, alamat website bisnis Anda. Anda bisa juga memasukkan Alamat Facebook, Instagram, Marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Anda bisa memasukkan beberapa alamat website di bagian ini.

2. WhatsApp Bisnis bisa membuat katalog produk

Katalog produk adalah kumpulan dari produk dan informasi harga dari produk tersebut. Dengan adanya katalog produk, pelanggan Anda jadi bisa lebih mengetahui produk atau jasa apa yang sedang anda jual.

Dengan menggunakan WA bisnis, Anda bisa membuat katalog produk dengan mudah dan gratis. Anda bisa membuat maksimal 500 produk untuk nomor WhatsApp bisnis Anda.

Seperti katalog produk di toko online pada umumnya, Anda bisa memasukkan informasi judul produk, deksripsi produk, harga, alamat url (jika punya) dan SKU.

3. WhatsApp Bisnis mempunyai fitur otomatisasi pesan

Ada beberapa fitur chat yang bisa Anda gunakan, diantaranya:

  • Pesan diluar kerja, adalah fitur untuk membalas pesan secara otomatis saat diluar jam kerja. Anda harus mengatur jam kerja terlebih dahulu sebelum mengaktifkan fitur ini.
  • Salam, adalah fitur untuk menyambut pelanggan Anda secara otomatis, pesan sapaan akan terkirim bagi orang yang baru pertama kali mengirim pesan kepada Anda atau setelah 14 hari tidak aktif
  • Balas Cepat, adalah fitur untuk membuat pintasan papan ketik untuk pesan-pesan yang sering anda gunakan.

4. Bisa dengan mudah mengelompokkan chat dengan fitur label chat

Anda bisa menggunakan label untuk mengelompokkan pelanggan dan chat Anda. Misalnya saja Label ‘pelanggan baru’, ‘pesanan baru’, ‘menunggu pembayaran’, ‘telah membayar’ dan ‘pesanan selesai’.

Jadi jika nanti chat anda penuh, anda bisa memfilter chat-chat tersebut berdasarkan labelnya. Misalnya, jika Anda mau menemukan pelanggan mana saja yang sudah memesan dan belum membayar, anda bisa memilih label ‘menunggu pembayaran’.

5. WhatsApp Bisnis memiliki tautan pendek

Tautan pendek yang dimaksud adalah tautan pendek menuju chat ke nomor WA anda. Saat orang mengunjungi tautan tersebut, maka dia akan secara otomatis membuka WA dan membuka chat kepada Anda. Orang tersebut hanya tinggal mengetikkan pesan apa yang mau dia tulis tanpa harus menyimpan nomor Anda.

Tautan pendek ini sangat berguna sekali jika anda pasang di website dan media sosial anda.

Sebenarnya memang banyak aplikasi lain diluar sana yang memberikan layanan seperti ini baik gratis maupun berbayar. Akan tetapi, dengan WhatsApp Bisnis, kita tidak perlu melakukan apa-apa lagi untuk mendapatkan tautan pendek ini karena sudah include di dalalmnya.

6. Bisa dengan mudah di integrasikan dengan Facebook dan Instagram

Dengan beberapa klik, Anda bisa menyambungkan WhatsApp Bisnis anda dengan Halaman Facebook dan Instagram.

Tidak hanya itu, anda juga mengintegrasikannya Facebook Ads. Anda bisa membuat iklan untuk katalog produk yang anda buat di WhatsApp Bisnis kedalam Facebook Ads.

Baca Juga: Cara Efektif Buat Status WA Untuk Jualan

Cara daftar WA bisnis untuk nomor lama dan nomor baru

Setelah kita membahas fitur-fitur WhatsApp bisnis, di bagian ini kita akan membahas tentang bagaimana cara daftar di WhatsApp Bisnis.

Supaya artikelnya tidak terlalu panjang, disini saya asumsikan Anda sudah meng-install WA bisnis di hp anda.

Bagaimana cara mengganti WA biasa menjadi WA bisnis?

Saya mempunyai nomor WhatsApp lama yang sudah mempunyai pelanggan yang banyak, apakah saya bisa menggunakan nomor tersebut untuk WhatsApp bisnis? Jika bisa bagaimana cara menggantinya?

Jawabannya sangat bisa!

Cara mengganti WA biasa menjadi WhatsApp bisnis sebenarnya sangatlah simple, karena baik WA bisnis ataupun WA biasa itu bersumber di database yang sama, yaitu WhatsApp itu sendiri.

Caranya anda bisa logout terlebih dahulu dari WA pribadi anda kemudian login WhatsApp bisnis.

Bisakah WA bisnis dan WA biasa dalam satu hp?

Ya! anda mungkin seorang pebisnis, tetapi anda tetaplah manusia yang punya kehidupan pribadi. Anda ingin memisahkan chat yang bersifat pribadi di WA biasa dan chat yang bersifat bisnis di WA Bisnis.

Pertanyaannya adalah, apakah WA bisnis dan WA pribadi bisa dalam satu hp?

Jawabannya bisa. Selama nomor yang digunakan berbeda, Anda bisa melakukannya. Karena keduanya adalah aplikasi yang berbeda dan berjalan bersamaan.

Cara Mengubah akun bisnis menjadi akun standar

Adakalanya dengan beberapa alasan, Anda memutuskan untuk ‘berhenti’ menggunakan WA bisnis dan ingin beralih lagi ke akun standar.

Apakah bisa? Bagaimana cara melakukannya?

Anda bisa kapan saja pindah dari akun bisnis ke akun standar dengan cara logout terlebih dahulu di akun WhatsApp Bisnis Anda kemudian login di WhatsApp biasa.

BERSAMBUNG…

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *